Jenis Pekerjaan Berbahaya Yang Ada di Dunia

Agar dapat bertahan hidup, setidaknya setiap orang harus memiliki pekerjaan. Ditambah lagi dengan banyaknya tuntutan hidup, seperti : biaya pendidikan anak, biaya makan sehari-hari, biaya memperbaiki rumah, biaya kesehatan, biaya sembako bulanan, biaya untuk membayar cicilan, bahkan sampai dengan biaya yang digunakan untuk gaya hidup. Bidang pekerjaan juga sangat banyak sekali bentuknya, yakni bisa dari perusahaan di bidang jasa ataupun barang. Adapun hal-hal yang dibutuhkan seseorang untuk mencari pekerjaan, adalah : Skill, pengetahuan, sikap kooperatif, jujur, sopan santun, serta pantang menyerah.

Umumnya, pekerjaan yang banyak dilakukan dalam bidang menghasilkan barang tidaklah banyak jenisnya, misal saja seperti : menjadi petani di sawah, menjadi peternak, menjadi tukang kayu, dan pergi ke laut untuk bekerja menjadi nelayan. Dan sedangkan pekerjaan di bidang jasa yang banyak dilakukan, yakni : profesi sebagai guru / pendidik, dokter, sopir, dan tukang jasa reparasi / tukang service. 

Tidak semua orang di dunia ini beruntung memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang disukai dan sesuai dengan bakatnya. Sayangnya sekarang banyak orang yang menjalani pekerjaan yang membuat mereka jenuh dan lelah. Meskipun demikian, di dunia ini ternyata masih banyak orang yang memilih bertahan di pekerjaan yang ekstrim dan membahayakan bagi keselamatan diri mereka sendiri. Meskipun pekerjaan tersebut sulit ataupun jauh sekalipun, tetapi demi berkorban untuk keluarga di rumah, tentunya siapa saja pasti akan berusaha sekuat mungkin agar tetap bisa bekerja. Mereka seolah tidak peduli jika terkena resiko buruk saat sedang bekerja, karena terpenting adalah mereka bisa mendapat gaji yang tinggi untuk pekerjaan tersebut. Mari kita lihat jenis pekerjaan apa saja yang termasuk berbahaya dan ada di seluruh dunia ? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini ya !

 

  • Pekerja Tambang

Dari seluruh jenis pekerjaan yang berbahaya, pekerja tambang merupakan pekerjaan ekstrim yang pertama. Dan pekerja tanbang juga memiliki berbagai jenisnya, seperti : tambang batu bara, tambang minyak, dan tambang gas. Yang menjadikan pekerjaan ini berbahaya adalah lokasinya yang rentan terjadi keruntuhan / longsor, bisa menyebabkan kebocoran bahan kimia, terjadi ledakan, rentan terkena asap beracun, dan bahkan jatuh dari ketinggian. Masih ada dampak buruk bagi kesehatan jika seseorang bekerja di tambang, misalnya dapat menimbulkan penyakit silikosis yang diakibatkan dari seringnya menghirup debu silica dan rendahnya kadar oksigen yang dihirup dalam waktu lama. Hal fatal yang sering terjadi dari pekerjaan tambang ini adalah lumpuh dan bahkan meninggal.

 

  • Pembersih Gedung Pencakar Langit

Bagi anda yang memiliki fobia pada ketinggian tentu tidak dianjurkan untuk bekerja pada bidang ini, karena jika salah bergerak sedikit saja nyawa anda pun menjadi taruhannya. Meskipun mungkin banyak dari pekerja ini yang memakai peralatan keselamatan kerja, tetapi mereka juga hanya bisa bergantung pada kondisi cuaca yang terjadi saat itu, jika berangin dan hujan deras, mereka tidak dapat naik ke atas gedung untuk membersihkan kacanya. Di samping itu, jika mereka salah mengambil alat saja itu juga sangat fatal bagi keselamatan mereka. Oleh karena itu, sangat diwajibkan bagi anda untuk bisa membaca arah angin dan cuaca jika ingin mendaftar di pekerjaan seperti ini.

 

  • Pemadam Kebakaran

Sebagai pemadam kebakaran, anda harus bisa bersikap siap dan cepat jika suatu saat terjadi kebakaran api dimanapun dan kapanpun. Tentu saja untuk memadamkan api bukanlah perkara yang mudah, baik itu api yang masih kecil atau bahkan api yang sudah terlanjur membesar sekalipun. Sebab, di dalam kobaran api tersebut bisa dengan mudah membakar benda apa saja yang ada di sekitarnya, dan nantinya akan mengeluarkan asap dan zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bekerja sebagai pemadam kebakaran juga memiliki resiko yang tinggi mengidap penyakit paru-paru dan pernapasan, dan rentan mengalami kebakaran pada area kulit. Dan hal buruk yang bisa saja terjadi pada saat pemadam sedang memadamkan api, adalah tertimpa reruntuhan dari bangunan dan benda-benda terbakar lainnya. Di samping terlatih untuk memadamkan kebakaran api, petugas damkar juga diberi pelatihan khusus untuk menanggulangi bencana lainnya, misalnya : kecelakaan lalu lintas, gempa bumi, banjir, dan gedung runtuh.

 

  • Stuntman (pemeran pengganti)

Kata siapa jika pekerjaan sebagai stuntman sepenuhnya enak dan tidak membahayakan ? Terlebih lagi jika diharuskan untuk menjadi stuntman di sebuah garapan film yang dibintangi oleh aktor-aktor terkenal dan sutradara ternama. Sebenarnya tidak sedikit dari film yang telah diproduksi menggunakan jasa stuntman ini selama proses pembuatannya, terutama yang terjadi di Hollywood. Banyak film bergenre action yang mengharuskan para stuntman ini untuk menggantikan pemeran utama dalam melakukan beberapa adegan ekstrim, seperti : melompat dari ketinggian, mengendarai mobil dalam kecepatan penuh, menerobos api, melompat dari pesawat terbang,dan masih banyak lagi. Di dunia perfilman, stuntman diperlukan demi menjaga keselamatan dari aktor utama, karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada aktor tersebut, maka hal ini akan berdampak pada proses pembuatan film tersebut. Pada nyatanya, di Hollywood masih banyak orang yang bekerja sebagai stuntman, dan tidak sedikit pula dari para stuntman tersebut yang mengalami cedera dan bahkan ada pula yang sampai meninggal.

 

  • Tenaga Kesehatan

Memang pada dasarnya menjadi seorang tenaga kesehatan merupakan salah satu bentuk pekerjaan yang mulia karena membantu banyak orang yang sedang sakit. Namun, dibalik itu semua, pekerjaan sebagai tenaga kesehatan juga tidaklah mudah, terlebih lagi di saat pandemi seperti ini. Mereka dengan mudahnya terpapar virus yang berbahaya karena harus berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya. Meskipun pada dasarnya sebelum menemui pasien para tenaga medis tersebut diharuskan untuk menggunakan APD (alat pelindung diri) seperti masker dan sarung tangan, tapi tetap saja lingkungan rumah sakit juga banyak menimbulkan virus dan kuman yang berbahaya bagi daya imun tubuh.

 

  • Pilot

Memiliki profesi sebagai pilot mungkin mengasyikan bagi orang-orang yang sudah travelling dengan menggunakan pesawat. Meskipun pilot memiliki gaji yang cukup besar, tapi itu juga sebanding dengan pekerjaannya yang juga berat. Menerbangkan pesawat tentu tidak semudah yang dipikirkan banyak orang, tentu saja mereka juga harus siap siaga saat terjadi bencana yang tidak mengenakan selama penerbangan, misalnya terjadi cuaca buruk, kesalahan teknis, dan lain sebagainya. Sebenarnya bekerja sebagai seorang pilot juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh mereka, terutama saat kelelahan, tubuh akan terasa sakit dan dapat mengganggu fokus mereka, terlebih lagi saat harus melakukan penerbangan rute luar negeri, hal itu tidak menutup kemungkinan mereka akan turut terpapar virus yang berbahaya, seperti virus Covid 19.

 

  • Tukang Las Bawah Laut

Jenis pekerjaan satu ini mengharuskan para pekerjanya untuk memiliki keberanian saat menyelam ke dalam laut. Mereka biasanya ditugaskan untuk memperbaiki kapal, pipa bawah laut, dan bendungan yang rusak. Namun, yang menjadi tantangannya adalah mereka harus menyelam hingga ke dasar laut hanya berbekal tabung oksigen dan untuk waktu yang lumayan lama. Semua pekerja yang menjalani profesi seperti ini sangat rentan mengalami hipotermia, dekompresi, dan dampak buruk lainnya. Dan itu dapat membuat mereka terjebak di kedalaman laut yang memiliki tekanan air yang cukup tinggi.